Gainscope : Online Forex Trading

Senin, 01 Agustus 2011

Lintas-Mata Uang

Setelah melakukan sedikit perdagangan demo, ada satu hal lagi yang mungkin anda perhatikan mengenai mata uang perdagangan – yaitu tentang dolar AS!

Atau memang demikian?
Yah, dengan bank sentral melintasi triliunan dana dunia dalam bentuk simpanan USD, komoditas diberi harga pada Greenback, dan transaksi keuangan utama lainnya melintas melalui dolar setiap hari, ini MEMANG segalanya tentang dolar.

Secara umum, sekitar 90% transaksi yang jumlahnya hampir $2 triliun setiap hari diperdagangkan pasar pertukaran mata uang asing melibatkan dolar. Wow! Juga, dalamperdagangan demo anda, saya yakin anda perhatikanbahwa tak peduli apa pasangan mata uang utama yang anda perdagangkan (EURUSD, AUDUSD, USDCHF, dan lain-lain) bahwa berita AS sangat banyak mendominasi pergerakan tanpa melihat rilis data dari mana pun.

Jadi, mengapa melihat hal lain selain pasangan mata uang utama? Peluang dagang yang besar dapat ditemukan dengan mengikuti mata uang utama lainnya denganlintas mata uang, terutama jika anda ingin menghindari volatilitas yang tidak terduga yang dibawa dolar AS. Diharapkan, pelajaran ini akan membuka pandangan anda mengenai perlintasan mata uang dan memberi anda pemahaman dasar mengenai cara menganalisanya.

Apa yang dimaksud dengan Lintas Mata Uang?

Pada dasarnya, lintas mata uang adalah pasangan mata uang apa pun dimana dolar tidak menjadi mata uang dasar atau pun mata uang pendampingnya. Contoh, GBPJPY, EURJPY,EURCAD, dan AUDNZD semuanya dianggap lintas mata uang.

Kembali ke Dasar
Ketika tiba saatnya, perdagangan mata uang adalah soal memasangkan mata uang yang lemah dengan mata uang yang kuat. Carilah satu negara yang memiliki pandangan fundamental yang lemah atau mungkin negara yang situasi politiknya tidakmenentu, dan kemudian pasangkan negara tersebut dengan sebuah negara dengan fundamental positif atau yang lebih baik (contohnya peningkatan lapangan kerja, surplus pertumbuhan perdagangan, dan lain-lain) atau mungkin pandangan politik yang positif, kemudian anda bisa memasangkan mata uangnya bersamaan untuk membuat suatu perdagangan direksional yang cerdas.

Mari kita lihat contoh dunia nyata saat ini:

Pada tanggal 11 Januari 2007, baik Bank of England dan the European Central Bank merilis keputusan mengenai kebijakan suku bunga mereka. Berlanjut pagi itu, pasar berspekulasi bahwa ECB mengisyaratkan bahwa mereka akan segera menaikkan suku bunga dan BoE akan menahan setiap kenaikan. Nah, sungguh mengejutkan pasar tersebut begitu Bank of England menaikkan suku bunganya hingga 5.25% dan ECB menahan suku bunganya pada level 3.50% berkaitan dengan pertumbuhan yang lambat di wilayah Eropa.

Jadi, mengapa para pendukung perdagangan mata uang seperti anda sendiri memainkan lintas mata uang selain juga memasangkan entah itu Euro atau Pound Inggris dengan Dolar AS? Begitulah, berikut ini adalah beberapa skenario mengenai hal itu:

1.         Jumlah penjualan retail AS segera keluar setelah keputusan-keputusan suku bunga. Jika anda memiliki tinjauan yang lemah mengenai Euro dan EURUSD, maka laporan retail AS mungkin akan menjadi berita buruk bagi perdagangan anda begitu dolar AS akan dijual.
2.         Atau jika anda mengetahui tinjauan yang kuat mengenai Pound Inggris dan memutuskan untuk melakukan dagang jangka panjang dengan GBPUSD, maka dolar yang berkumpul pada laporanpenjualan retail AS yang kuat akanmenjadi sangat buruk bagi perdagangan anda.

Setelah suku bunga dirilis, kita tahu tinjauan pada Euro lebih lemah dantinjauan pada Pund Inggris lebih kuat, mengapa kita tidak memilih EURGBP yang pendek? Dengan mengambil cara dagang ini anda akan menyingkirkan resiko-resiko data AS yang akan datang, plus anda mendapatkan hasil yang positif pada posisi anda!

Berikut ini cara anda yang mungkin mengambil perdagangan jangka pendek dengan EURGBP menggunakan analisa ini:

Seperti yang bisa anda lihat dari grafik tersebut, sudahkan anda melakukan perdagangan yang pendek pada level 0.6650 satu jam atau lebih setelah keputusan-keputusan suku bunga diumumkan, anda akan menangkap pergerakan lambat dan tetap pada 0.6600, dan mungkin lebih jauh sampai perubahan fundamental baik untuk Euro maupun Pound.

Sekali lagi, ini hanyalah satu contoh memasangkan mata uang yang lemah dengan mata uang yang lebih kuat. Dengan enam mata uang utama selain mata uang dolar AS, ada banyak kemungkinan untuk mendapatkan perdagangan yang menguntungkan dan menghindari volatilitas yang merugikan dengan dolar AS.

Pasangan Sintetis
Anda telah melakukan analisa anda dan anda telah sampai pada kesimpulan bahwa Pound Inggris kelihatannya kuat dan Franc Swiss mungkin semakin lemah. Atau mungkin dolar Australia kelihatannya sangat bagus terhadap dolar Kanada, tetapi anda lihat pada platform perdagangan anda dan lihat bahwa broker anda tidak memiliki BGPCHF atau AUDCAD. Oh tidak! Saya rasa itu adalah peluang yang terlewatkan, iya kan? Tidakmungkin! Anda bisa menciptakan satu pasangan sintetis yang dipergunakanuntuk BGPCHF atau AUDCAD.

Untuk menciptakan pasangan sintetis dengan menggunakan empat pasangan mata uang utama dan tiga mata uang komoditas itu relatif mudah. Yangperlu dilakukanadalah membeli atau menjual dua pasangan dengan ukuran danposisi yang sama. Masih belum jelas? Mari saya tunjukkan kepada anda …

Umpamanya anda ingin bergerak dengan Pound Inggris terhadap Franc Prancis atau membeli GBPCHF. Anda harus membeli GBPUSD dan membeli USDCHF di waktu yang sama. Masih belum jelas juga? Mari saya tunjukkan kepada anda …

Sangat sederhana, kan? Triknya hanyalah dengan memastikan anda membeli jumlah yang sama dari setiap pasangan.

Dengan menggunakan contoh GBPCHF kita, umpamanya kurs pertukaranm ata uang untuk GBPUSD adalah 1.9000 dan kurs pertukaran untuk USDCHF adalah 1.2500 dan anda inginm embeli US$10.000 senilai setiap pasangan. Beginilah cara anda melakukannya:

Untuk pasangan dengan mata uang USD sebagai pendampingnya (contohnya AUDUSD, GBPUSD, EURUSD, dan lain-lain) maka anda akan mengambil jumlah dolar yang anda inginkan untuk membeli dan membaginya dengan kurs pertukaran:

US$10.000 (ukuran posisi yang diinginkan) dibagi 1.9000 (kurs mata uang GBPUSD) = 5263 unit GBPUSD.

Untuk pasangan mata uang dengan USD sebagaim ata uang dasarnya (contohnya USDCHF,USDJPY, USDCAD), tinggal membeli sejumlah unit yang ingin anda beli karena anda membeli dolar AS.

$10.000 (ukuran posisi yang diinginkN)* 1 unit = 10.000 unit.

Jadi untuk membeli US$10.000 seharga GBPCHF, kita membeli 5.263 unit GBPUSd (jika broker anda tidak menawarkan ukuranlot yang fleksibel anda bisan selalu round up atau round down) dan 10.000 unit USDCHF. Paham? Bagus! Saya tahu anda bisa!

Ringkasan
Seperti yangbisa anda lihat, ada banyak peluang dagang yang menunjukkan dirinya sendiri pada pasar pertukaran mata uang asing selain juga menunjukkan apa yang akan dilakukan Greenback setiap hari – dan sekarang anda tahu bagaimana mendapatkannya! Ingatlah beberapa hal:
  • Lakukan analisa dan pasangkanmata uang yang lemah dengan mata uang yang kuat.
  • Bagaimana jika pasangan yang anda cari untuk berdagang tidak ada pada broker anda, tidak bagus bukan? Anda tahu sekarang bagaimana caranya menciptakan pasangan sintetis dengan secara simultan memakai dua pasangan mata uang utama panjang atau pendek untukmenciptakan satu lintas mata uang.
  • Tips terakhir; harap waspada terhadap nilai pip dari persilangan yang anda perdagangkan. Contohnya, sebuah lot standar (100.000 unit) EUR/GBP akanm enjadi sekitar $19.70 per pip. Beberapa persilangan akan memiliki nilai pip yang lebih tinggi atau lebih rendah daripada mata uang utamanya. Informasi ini bagus untuk diketahui untuk analisa resiko anda.

Jadi, pada hari-hari anda tidak melihat peluang pada pasangan mata uang utama, atau jika anda ingin menghindari volatilitas even berita AS, lihatlah beberapa lintas mata uang. Mungkin anda tidak akan pernah tahu apa yang bisa anda dapatkan. Semoga sukses!

1 komentar:

  1. likuditas dalam trading ini memang sangat besar sekali sehingga tidak heran animo terhadap trading juga sangat besar baik itu dari pemula sampai kepada master, karena memang peluang profit itu selalu ada , sehingga dalam menjalankannya di OctaFx selalu memakai banyak variasi pair yang memang terlihat menguntungkan

    BalasHapus